Selasa, 14 Juni 2016

Essay Kepemimpinan



Essay ini saya buat untuk kepentingan LKMM di kampus, apabila kawan-kawan ingin mengutip jangan lupa menyertakan pengarang dan sumber, (mengakui karya orang itu dosa)

Jika Aku Menjadi Seorang Pemimpin

-
Pendidikan kepemimpinan karakter bangsa bagi mahasiswa sangatlah penting  karena mahasiswa mempunyai pengaruh besar di masyarakat dan tentunya juga sangat mempengaruhi masa depan bangsa kita.
Kokohnya suatu bangsa akan dipengaruhi oleh karakter bangsa itu sendiri yang dimana rakyatnyalah yang menjadi peran utama dan Mahasiswa sendiri akan menjadi aktor utama yang memiliki pengaruh besar dalam masyarakat. Sehingga menjamin kualitas dari mahasiswa itu sendiri sangatlah penting yang dimana Lembaga Pendidikan akan menjadi wadah utama dalam upaya mencetak mahasiswa berkarakter bangsa dan menjadi generasi bangsa ini yang berkualitas dan bisa berpengaruh baik bagi kemajuan bangsa.
Pemerintah pusat maupun daerah telah melaksanakan program yang bertujuan untuk mencetak generasi  yang berijwa pemimpin dengan berkarakter bangsa Indonesia dan tercapainya citacita Indonesia Emas 2020. Tetapi menurut saya program tersebut hanya melibatkan beberapa pihak dan tidak menyeluruh sehingga pengaruhnya tidak terlalu besar bagi lingkungan sekitarnya, sehingga hal itulah yang melatar belakangi mengapa perlunya adanya pelatihan-pelatihan yang memang terprogram untuk  Mahasiswa khususnya FMIPA UNUD. Program pelatihan yang dimaksud adalah pelatihan yang tertuju kepada mahasiswa baru, program ini bisa dijadikan agenda ospek yang bisa lebih bermanfaat.
Untuk penerapannya sendiri akan disertakan materi mengenai Kepemimpinan, Pendidikan Karakter, Management Organisasi, Management Waktu, dan Public Speaking. Semua materi tersebut nantinya akan diberikan kepada seluruh mahasiswa dengan harapan dapat membentuk karakter masing-masing menjadi lebih baik dan juga bisa membawa pengaruh besar di masyarakat dengan jiwa kepemimpinan sehingga dapat berkontribusi pada perubahan bangsa.
Saat ini ospek sedang hangat dibicarakan karena adanya ospek yang menyebabkan korban jiwa ataupun respon negatif, maka dari itu saya sangat menginginkan adanya ospek yang lebih bermanfaat bagi mahasiswa baru yang bisa membawa perubahan positif pada mental dan pemikiran mahasiswa tersebut. Sepengetahuan saya ospek di FMIPA Unud ini sudah terlaksana dengan baik, tetapi alangkah baiknya apabila program yang saya maksud diatas juga disertakan. Bukan hanya pada ospek fakutlas tetapi juga ospek jurusan, karena pendidikan karakter kepemimpinan sangat baik untuk membentuk pribadi mahasiswa baru agar nantinya bisa berpengaruh baik di lingkungan kampus. Bukan hanya itu, mahasiswa sangat berkaitan erat dengan organisasi kampus entah tingkat jurusan sampai universitas maka pelatihan karakter kepemimpinan akan mampu mendorong mahasiswa untuk melatih soft skill dalam berorganisasi dan bisa turut berkontribusi dalam perubahan yang lebih baik bagi kampus, Bali dan Bangsa ini.
            Management organisasi sangatlah penting ditanamkan sejak awal seperti saat ospek jurusan maupun fakultas, karena mahasiswa baru akan disambut dengan berbagai kepanitiaan di kampus. Banyak mahasiswa yang belum berpengalaman di organisasi sehingga apabila mengikuti sebuah kepanitiaan akan berkibat pada tidak berjalan lancarnya suatu kepanitiaan tersebut. Hal ini harus diperhatikan oleh semua pihak karena apabila suatu kegiatan tidak berjalan lancar di kampus kita tidak bisa menyalahkan satu pihak saja, maka dari itu pelatihan mengenai management organisasi juga sama pentingnya untuk bekal mahasiswa baru dalam mengikuti kegiatan dan bisa mengasah soft skill dengan sebaik-baiknya.
            Public speking juga sama pentingnya karena selain dalam kuliah dalam berorganisasi juga memerlukan sebuah kemampuan public speaking yang baik. Karena seni berbicara  sangat mempengaruhi sebuah ikatan dalam berorganisasi, selain itu public speaking juga berkaitan dengan kepemimpinan. Seorang pemimpin harus memiliki seni berbicara yang baik untuk menjaga komunikasi dan kelancaran dalam organisasi itu sendiri karena seorang pemimpin harus bisa mempengaruhi orang sekitarnya dengan caranya berbicara. Materi ini juga berdampak baik bagi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan karena akan menjadi nilai plus, dan juga menguntungkan untuk nantinya di dunia kerja dan di dalam masyarakat.
            Semua program yang saya usulkan ini sangat ingin saya implementasikan yang di kolaborasikan dengan materi-materi lainnya sehingga ospek akan menjadi lebih bermanfaat dan jauh dari isu negative. Sehingga melalui kegiatan ini kita dari mahasiswa bisa ikut berkontribusi aktif kepada bangsa ini demi terciptanya generasi-generasi emas bangsa yang berkualitas . Karena perubahan menuju yang lebih baik dari bangsa ini harus didukung oleh semua golongan, apalagi mahasiswa adalah sebagai stick holder di dalam masyarakat karena membawa pengaruh yang sangat besar bagi suatu perubahan. Permasalahan dari upaya perubahan bangsa ini adalah masyarakatnya karena tidka semua memiliki suatu kesadaran dan rasa ingin berubah menjadi lebih baik, sehingga apabila mahasiswa bisa membawa pengaruh besar  di masyarakat karena mahasiswa sendiri juga merupakan bagian dari masyarakat maka bersama-sama kita bisa mewujudkan sebuah perubahan bagi bangsa ini bersama dengan pemerintah pusat dan daerah yang telah rutin melaksanakan program yang bertujuan untuk mencetak generasi emas bangsa. Harapan besar saya apabila semua orang mempunyai semangat perubahan dengan soft skill dan kemampuan intelektual yang dimiliki maka cita-cita bangsa ini bisa terwujud nantinya seiring dengan perkembangan jaman bersama masyarakat yang cerdas inovatif dan bisa membawa perubahan yang lebih baik bagi bangsa ini sehingga terwujudnya Indonesia Emas 2020. Dan tentunya untuk Udayana sendiri dari FMIPA bisa berkontribusi dalam segala aspek prestasi sehingga program yang terencana bisa berpengaruh besar terhadap Fakultas, Udayana, Bali, dan Bangsa ini.

Daftar Pustaka
https://www.google.com/cara menulis esai yang baik dan benar/


Nama : Ni Kadek Diah Sri Widari
Jurusan : Kimia/FMIPA UNUD




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

apabila anda mengutip ataupun menjadikan tulisan saya sebagai referensi mohon mencantumkan sumber dan nama pengarang. terimakasih telah berkunjung