Minggu, 31 Juli 2016

Jurnal Ilmiah- Kebudayaan



jurnal ini saya buat untuk kepentingan sastrakara Program kerja Kementerian Kebudayaan BEM PM UNUD 2015 


Produksi Bola Mimpi Satu-Satunya di Bali
Ni Kadek Diah Sri Widari
Departemen Kimia  FMIPA Universitas Udayana

Abstrak
Bola mimpi adalah produk kerajinan yang terbuat dari logam kuningan  dan bentuknya menyerupai bola berbunyi nyaring terdengar dari gesekan butir-butir pelor timah yang ada didalamnya dan bola mimpi ini hanya diproduksi oleh pengerajin  logam dari desa Budaga, Kabupaten  Kelungkung. Kerajinan bola mimpi ini selain sebagai asesoris juga digunakan untuk meditasi dan mengasah kecerdasan janin dalam kandungan.
Kata Kunci :  Bola mimpi, Asesoris, Meditasi, Mengasah kecerdasan janin.
Pendahuluan

Kerajinan adalah suatu usaha yang dilakukan secara terus menerus dengan penuh semangat ketekunan, kecekatan, kegigihan, berdedikasi tinggi dan berdaya maju yang luas dalam melakukan suatu karya. (Kadjim, 2011 : 10). Seni kerajinan adalah barang-barang indah yang ,diperoleh dari alam yang mempunyai kemungkinan dapat dikembangkan lebih baik mengenai jumlah produksi maupun seninya. (Bastomi, 1992/1993:6-7).
Seni kerajinan logam merupakan salah satu ekspresi budaya masyarakat Bali yang telah ditekuni sejak zaman Bali kuna. Aktivitas rutinitas membuat logam ini termuat dalam prasasti Bulan yang tersimpan di Desa Banu Bwah, mencatat beberapa peralatan yang terbuat dari bahan logam seperti keris, kapak, linggis, sabit, sasap (semacam tajak), dan kurug. Bahkan dalam prasasti juga dimuat pande mas, pande besi, dan Pande Tembaga. (Tista, 1986 : 99). Keterampilan membuat kerajinan logam ini, adalah warisan leluhur yang pada saat ini masih ditekuni oleh perajin yang keberadaannya tersebar di daerah pedesaan atau kecamatan yang ada di Bali. Salah satunya adalah Kabupaten Klungkung terdapat perajin-perajin yang memiliki keterampilan membuat kerajinan dari bahan logam (Berata,2010). 
Klungkung merupakan kota yang terkenal dengan kerajinan logamnya, tepatnya di daerah kamasan yang memang terkenal dengan hasil produksi kerajinan mas dan perak.
Aktitivitas membuat kerajinan dengan bahan logam tidak hanya digeluti oleh masyarakat desa Kamasan, namun juga ditekuni oleh masyarakat desa Budaga. Secara geografis desa Budaga terletak di bagian barat Kecamatan Klungkung berimpitan dengan kota Semarapura. Dari segi fisik kondisi alamnya yang datar dan terjal nampak keindahan lanskap persawahan dari kejauhan, tengarai kesejukan dan kedamain. Desa yang sunyi terasa jauh dari kebisingan aktivitas kota, tetapi kebisingan melantun dari entakan-entakan palu/hamer sebagai petanda kesibukan masyarakatnya membuat kerajinan logam. (Berata,2010).



Bagian Utama

Desa Budaga merupakan salah satu desa sentra seni kerajinan, yang telah mengembangkan seni kerajinan logam kuningan secara turun temurun. Beraneka bentuk produk telah dihasilkan baik produk untuk sarana upacara agama, maupun bentuk produk yang berfungsi sebagai hiasan. Awal perkembangan kerajinan logam kuningan ini, membuat peralatan untuk sarana upacara keagamaan.
            Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya pariwisata di Bali, perajin didesa Budaga sangat kreatif dalam mengembangkan bentuk-bentuk produk baru yang lebih inovatif. Sekarang ini di desa Budaga berkembang bentuk produk berupa bola mimpi (Dream Ball).  Bola mimpi
dimaksud adalah produk yang bentuknya menyerupai bola berbunyi nyaring terdengar dari gesekan butir-butir pelor timah yang ada didalamnya. Terciptanya bentuk produk dream ball, berawal dari adanya pesanan seorang pengusaha dari Perancis kepada seorang perajin bernama Pande I Nengah Patra. Produk ini digunakan sebagai pernak pernik pohon natal. Saat ini telah terjadi pengembangan bentuk dan fungsi produk. Produk ini dibuat disamping berfungsi sebagai hiasan, juga dibuat sebagai asesoris seperti anting-anting, leontin, gelang dan gantungan kunci. Selain itu, pergeseran fungsipun tidak dapat di pungkiri terhadap benda-benda pelengkap sarana upacara dalam agama Hindu seperti genta, berubah fungsi menjadi bel di Gereja, bel pintu perumahan, dan alat musik. (Berata,2010)
Bola mimpi populer di Meksiko untuk meditasi dan mengasah kercerdasan janin di kandungan. Dengan modifikasi bahan dan bentuk, perajin logam asal Klungkung, Bali, sukses menghasilkan bola mimpi yang mulai diminati pasar Eropa dan Jepang Menurut Nengah Patra yang merupakan seorang pengerajin logam, memang bola mimpi termasuk barang langka di Indonesia. Sebab, kerajinan ini berasal dan sangat populer dari Meksiko. Parta menambahkan, di Meksiko ibu yang hamil menggantung bola mimpi di leher hingga menjuntai ke lantai. Bunyi bola mimpi dipercaya bisa mengasah  kecerdasan  janin.
Jangkauan pemasaran produk Bola Mimpi, tidak hanya pada wilayah pasar lokal, namun telah meluas pada tingkat pasar nasional dan internasional seperti Eropa, Jerman dan Amerika, sehingga membawa desa Budaga menjadi terkenal di dunia internaional  (Barata, 2010).


Simpulan

Bola mimpi merupakan  salah  satu  aset kerajinan Bali yang harus tetap dijaga dan dikembangkan karena keberadaannya yang langka. Kegunaan bola mimpi adalah selain sebagai asesoris juga dapat digunakan untuk meditasi dan untuk mengasah kecerdasan  janin dalam kandungan. Peluang pemasaran produk ini memiliki peluang besar untuk di ekspor ke luar negeri karena banyak dimininati di beberapa negara seperti Meksiko, Eropa, Jerman, dan Amerika sehingga kerajinan yang hanya ada di Klungkung ini mampu memberikan keuntungan dalam sektor ekonomi.

Daftar Pustaka
            Bastomi, Suwaji. 1992/1993. “Seni Kerajinan : Suatu Alternatif Pembangunan Masyarakat Pedesaan.” Laporan Penelitian. Semarang: Puslit-IKIP Semarang.
Berata, I Made. 2010. “Kerajinan Logam Kuningan di Kabupaten Klungkung”. E-Jurnal. http : //repo.isidps.ac.id/120/1/Kerajinan_Logam_Kuningan_di_Kabupaten_Klungkung.Pdf (Diakses pada tanggal 29 September 2015).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

apabila anda mengutip ataupun menjadikan tulisan saya sebagai referensi mohon mencantumkan sumber dan nama pengarang. terimakasih telah berkunjung