Senin, 25 Juli 2016

Tugas Kuliah- TEKNOLOGI INFORMASI -PEMANFAATAN SOSIAL MEDIA UNTUK PERKULIAHAN



TUGAS TEKNOLOGI INFORMASI
PEMANFAATAN SOSIAL MEDIA UNTUK PERKULIAHAN



OLEH :
NI KADEK DIAH SRI WIDARI
1408105058







JURUSAN KIMIA
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENANGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS UDAYANA
2015
PEMANFAATAN APLIKASI DROPBOX SEBAGAI PENDUKUNG PERKULIAHAN
            Dropbox adalah sebuah layanan cloud (awan) atau layanan penyimpanan data berbasis web. Kegunaan dan fungsi dropbox adalah sebagai tempat untuk menyimpan data atau file di dropbox inc secara gratis bagi semua orang terutama mereka yang membutuhkan tempat untuk menyimpan dan berbagai file secara online dan tentu aman.
                Dengan menyimpan data atau file pada layanan tersebut kita tidak perlu lagi menyimpan file di computer sehingga tidak memenuhi computer atau hardisk, terlebih jika data jarang digunakan, namun merasa sayang untuk dibuang atau dihapus, maka sebaiknya disimpan saja di layanan ini sehingga sewaktu-waktu dibutuhkan bisa diambil dan dibuka kembali
            Kelebihan dan keuntungan menggunakan dropbox yaitu aman dan tidak memakan space hardisk atau flashdisk yang kita miliki, karena kita sudah menyimpan secara online dan bisa digunakan secara gratis namun layanan ini juga ada yang berbayar dengan kelebihan sendiri tentunya.
            Dropbox dapat digunakan di android atau PC dengan mudah dan cepat sehingga sangat membantu saya sebagai mahasiswa dalam perkuliahan seperti berbagi file dengan teman secara praktis. Apalagi dapat digunakan di android sehingga dapat sangat membantu untuk memudahkan menyimpan dan berbagi data misalnya layanan files. Untuk dapat menggunakan aplikasi ini cukup dengan memasukkan email sebagai akun.
Berikut cara sign in untuk dapat menggunakan aplikasi dropbox. Pertama buka terlebih dahulu aplikasi Dropbox, kemudian akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.
Screenshot_2015-11-23-11-28-38.png
Kemudian klik sign up untuk membuat akun agar dapat menggunakan aplikasi ini.
Kemudian akan muncul seperti gambar di bawah ini
IMG_1798.PNG
Lalu masukkan alamat email dan password baru yang ingin digunakan. Maka akan terlihat tampilan seperti gambar di bawah ini.
IMG_1799.PNG
Setelah masuk maka akan muncul tampilan menu pilihan seperti pada gambar di bawah, terdapat menu files, photos, ofline files, dan notifications. Dalam perkuliahan biasanya yang paling sering digunakan adalah menu files, karena sangat membantu saya jika ingin menyimpan maupun berbagi file. Berikut tutorial penggunaannya

Screenshot_2015-11-16-11-06-15.png
Screenshot_2015-11-16-11-06-46.png
            Contoh penggunaannya adalah ketika saya ingin mengirimkan data ke teman saya saat saya tidak sedang membawa laptop yang sedikit berat, saya tentu menyimpan datanya pada tablet saya sehingga dapat mempermudah untuk belajar dan berbagi file. Pertama file dalam bentuk word tersebut dibuka atau langsung klik send, kemudian akan muncul pilihan seperti pada gambar diatas, lalu tinggal klik add to dropbox.

Screenshot_2015-11-16-11-06-57.png
            Kemudian akan muncul tampilan seperti pada gambar diatas yang menandakan dimanakah akan disimpan file tadi, karena dalam dropbox juga dapat membuat folder sehingga data yang disimpan dapat tertata rapi. Setelah menentukan tempat menyimpan langkah selanjutnya adalah klik add. Maka file akan langsung tersimpan di dropbox dengan ditandai dengan pemberitahuan pada notification screen seperti pada gambar berikut.
Screenshot_2015-11-16-11-07-19.png

Screenshot_2015-11-16-11-08-03.png
            Gambar diatas adalah gambar file saya yang telah tersimpan di dropbox, kelebihan lainnya adalah file yang ada dalam dropbox bisa dibuat available offline yang artinya kita dapat membuka file tersebut walaupun tidak dalam terkoneksi dengan internet. Kemudian apabila ingin berbagi file yang ada dalam dropbox caranya sangat mudah dengan mengklik filenya kemudian akan muncul gambar seperti dibawah ini.
Screenshot_2015-11-16-11-08-12.png
Pada gambar diatas terlihat beberapa pilihan, untuk dapat berbagi file kita harus mengirimkan link dari file tersebut. Maka klik pilihan Send a link to this file, kemudian akan muncul pilihan kemana akan kita share link tersebut. Apabila aplikasi yang kita inginkan tidak tampil maka dapat pilih copy link. Dalam perkuliahan aplikasi yang sering saya gunakan adalah line untuk memudahkan saya berkomunikasi dengan teman-teman kuliah, sehingga pada ilustrasi ini diklik pilihan LINE untuk berbagi file tersebut seperti gambar dibawah ini.
            Screenshot_2015-11-16-11-08-34.png



Screenshot_2015-11-16-11-08-55.png
            Kemudian secara otomatis aplikasi Line akan terbuka dan tinggal pilih kemana akan di kirim link tersebut. Kemudian apabila telah terkirim pesan akan berupa link seperti gambar dibawah ini.          

Screenshot_2015-11-16-11-11-21.png
            Apabila link tersebut dibuka maka akan langsung tampil filenya. Sehingga untuk berbagi file dropbox sangat membantu saya dalam perkuliahan misalnya saat ada tugas kelompok sehingga bisa lebih efisien. Tidak perlu memindahkan file menggunakan file dengan flashdisk ataupun email, dropbox konsepnya lebih simple dan juga dapat diakses di handphone.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

apabila anda mengutip ataupun menjadikan tulisan saya sebagai referensi mohon mencantumkan sumber dan nama pengarang. terimakasih telah berkunjung