Senin, 13 Juni 2016

Tugas Kuliah- Teknologi Informasi - PERANAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PERKULIAHAN



ARTIKEL
PERANAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PERKULIAHAN



OLEH :
NI KADEK DIAH SRI WIDARI
NIM.1408105058






JURUSAN KIMIA
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS UDAYANA
2015
Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Perkuliahan

Teknologi informasi (Information Technology) biasa disingkat TI, IT atau infotech. Dalam Oxford English Dictionary (OED2) edisi ke-2 mendefinisikan teknologi informasi adalah hardware dan software, dan bisa termasuk di dalam jaringan dan telekomunikasi yang biasanya dalam konteks bisnis atau usaha. Menurut Haag Keen (1996), Teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan infoemasi. Menurut Martin (1999), Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi computer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang akan digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirim informasi. Sementara Williams dan Sawyer (2003), mengungkapkan bahwa teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi kecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video.
Dari definisi di atas, Nampak bahwa teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer, tetapi juga termasuk teknologi telekomunikasi. Dengan kata lain bahwa teknologi informasi merupakan hasil konvergensi antara teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi.
Dilihat dari materi-materi dalam  perkuliahan teknologi informasi tentu pembahasannya sangat mendalam mengenai komponen-komponen yang terkandung di dalamnya serta klasifikasinya. Namun apabila dilihat dari kenyataannya dalam perkuliahan pengimplementasian teknologi informasi dan komunikasi dapat dilihat hanya pada penggunaan komputer atau laptop dan internet. Karena dalam perkuliahan, penulis memerlukan peranan dari teknologi yaitu laptop untuk menyelesaikan tugas-tugas perkuliahan dan internet sebagai penunjang untuk menggali lebih banyak informasi.
Dalam perkuliahan tentu saja sistem belajar sangat berbeda dengan tingkatan SMA yang mungkin hanya bisa berpaku pada pustaka atau kurikulum yang telah diatur. Namun pada tingkatan perguruan tinggi sangatlah berbeda karena kita tidak lagi seorang siswa tetapi kita adalah mahasiswa yang dinilai sudah dewasa dan bisa menggali ilmu sendiri dan dosen berperan sebagai pengampu saja. Mahasiswa tidak hanya dituntut untuk mengetahui kompetensi yang sudah disusun, tetapi mahasiswa juga harus mengetahui banyak hal dan tidak bisa berpaku pada satu sumber saja. Misalnya saja tuntutan untuk membuat suatu peneltitian, otomatis mahasiswa harus mencari ilmu-ilmu baru yang belum pernah terpikirkan. Hanya membaca buku tidaklah cukup, dalam hal ini internet sangat berperan penting bagi mahasiswa dalam menunjang penelitian baik dalam hal referensi maupun menemukan masalah-masalah baru sehingga dapat menginspirasi mahasiswa.
Terlepas dari hal tersebut apabila kita membicarakan teknologi tentu saja sangat luas, begitu pula pada fungsi, pengguna, dan pemanfaatannya. Contohnya saja laptop dan internet kedua hal ini sangat berikatan, dan manfaatnya sangatlah besar bagi pengguna, namun apabila tidak dipergunakan seefisien mungkin tentu menumbulkan efek negatif kepada penggunanya yaitu bisa mengakibatkan kecanduan ataupun dapat menjerumuskan ke hal yang negatif. Maka dari itu penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dapat diandaikan seperti pisau, fungsi dan dampaknya tergantung pada bagaimana menggunakannya. Sehingga harapan penulis adalah kita sebagai mahasiswa atau orang berpendidikan gunakanlah teknologi sebijak mungkin sehingga lebih bermanfaat bagi kehidupan yang lebih bermartabat.

DAFTAR PUSTAKA
Haag, S and Keen P, (1996), “Information Technology, Tomorrow’s Advantage Today”, McGraw-Hill,.
Martin, E. (1999). Managing Information Technology Management What Managers Need to Know (3rd ed). New Jersey : Pearson Education International.
William dan Sawyer. 2007. Using Information Technology. Yogyakarta: Andi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

apabila anda mengutip ataupun menjadikan tulisan saya sebagai referensi mohon mencantumkan sumber dan nama pengarang. terimakasih telah berkunjung