Sabtu, 25 Juni 2016

Tugas Kuliah- Teknologi Informasi-PEMANFAATAN TEKNOLOGI INTERNET



TUGAS TEKNOLOGI INFORMASI
PEMANFAATAN TEKNOLOGI INTERNET



OLEH :
NI KADEK DIAH SRI WIDARI
NIM. 1408105058






JURUSAN KIMIA
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS UDAYANA
2015
MANFAAT TEKNOLOGI INTERNET UNTUK MAHASISWA
            Teknologi Internet merupakan teknologi yang memiliki beragam manfaat bagi manusia, dan teknologi internet ini sangatlah hal terpenting penunjang perkuliahan bagi mahasiswa. Karena hampir keseluruhan mata kuliah memerlupan internet sebagai pembantunya. Selain untuk sekedar berkirim email dan searching materi, manfaat teknologi internet lainnya bagi mahasiswa ada beragam bidang misalnya IPOLEKSOSBUDHANKAM dimana merupakan singkatan dari Ilmu Politik Ekonomi Sosial Budaya Pertahanan dan Keamanan.
            Mahasiswa pada dasarnya memiliki banyak julukan seperti the agent of change, agent of control, stick holder, dan sebagainya. Semua julukan itu benar adanya namun sesuai dengan passion mahasiswa itu masing-masing, tentunya  sebagai penunjang perkembangan mahasiswa itu sendiri internet adalah penunjang yang sangat penting. Di bidang keilmuan intenet dapat membantu mahasiswa dalam perkuliahan entah untuk mencari materi maupun informasi lainnya. Di bidang Politik mahasiswa sangat berperan penting karena mahasiswa memiliki peran penting bagi bangsa ini, dengan adanya teknologi internet mahasiswa dapat mengakses informasi mengenai perkembangan politik negeri ini. Misalnyadari sosial media, mahasiswa dengan cepat dapat mengetahui isu-isu yang sedang hangat serta sebagai media untuk mengemukakan pendapat sehingga aspirasinya dapat tersampaikan.
Dibidang ekonomi selain sebagai agent of control di bidang perekonomian bangsa, tentu ada mahasiswa yang memiliki kreativitas di bidang ekonomi. Misalnya berwirausaha, dengan teknologi internet mahasiswa dapat maju dan berkembang di bidang ekonomi entah sebagai penunjang produksi maupun pemasaran. Hal ini sudah sangat berkembang di jaman sekarang, terlihat banyaknya kreativitas generasi muda bangsa sehingga bisa mandiri dalam ekonomi.
            Di bidang sosial jangkauannya sangat luas, untuk pribadi mahasiswa sendiri misalnya untuk mencari teman sebanyak-banyak atau mencari relasi melalui sosial media. Tujuan lainnya yaitu untuk kepentingan sosial seperti penggalangan dana serta kegiatan sosial lainnya yang memerlukan teknologi internet untuk publikasi.
            Di bidang budaya  pemanfaatan teknologi internet bagi mahasiswa bisa digunakan sebagai media promosi, berbicara mengenai budaya tentunya adalah hal yang sangat luas seperti mengenai seni dan sastra. Internet dapat membantu mendokumentasikan, menyimpan, mengarsipkan, dan mempublikasikan sehingga dapat membantu pelestarian budaya bangsa.
            Di bidang pertahanan dan keamanan teknologi internet dapat membantu dalam hal controling, teknologi canggih dapat memberikan informasi mengenai pertahanan dan keamanan suatu bangsa ataupun daerah. Sehingga peran mahasiswa sebagai agent of control dapat terbantu dengan adanya informasi dari internet.
            Di bidang  penunjang pendidikan lainnya yaitu membantu mahasiswa mengetahui asli atau tidak sebuah karya yang di cek dari internet.
Tentunya teknologi internet sangatlah penting dan berpengaruh besar terhadap perkembangan dan kemajuan individu mahasiswa, tergantung pada kebujaksanaan penggunanya. Apabila digunakan dengan baik maka dampaknya juga sama baiknya, dan sebaliknya. Karena dewasa ini sangat banyak tindak kejahatan yang memanfaatkn internet, seharusnya pengguna memiliki kesadaran tentang penggunaan internet yang dapat menguntungkan. Contoh saja Go-Jek yang saat ini sedang booming, apabila mahasiswa lainnya dapat menciptakan trobosan baru lagi bagaimana tidak Negara ini maju.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

apabila anda mengutip ataupun menjadikan tulisan saya sebagai referensi mohon mencantumkan sumber dan nama pengarang. terimakasih telah berkunjung